Web 2.0

Posted: April 21, 2012 in Web Technology
Tags: ,

Pada tahun 2004, muncul konsep web 2.0 yang merupakan teknologi web dari penggabungan teknologi-teknologi HTML, CSS, JavaScript, XML, dan AJAX untuk membangun web. Web 2.0 disebut sebagai suatu generasi kedua dari layanan berbasis web dalam dunia komputer yang dijalankan langsung diatas internet sebagai platformnya. Menurut Tim O’reily, web 2.0 adalah revolusi bisnis dalam industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Contoh perkembangan Web 2.0 saat ini banyak digunakan  pada situs jejaring sosial seperti Blog, Facebook dan Twitter atau bahkan Youtube, Wikipedia, Perangkat komunikasi, dan folksonomi.

Web 2.0 melibatkan pengguna dalam membangun konten. Sebagai hasilnya muncullah basis pengetahuan yang sangat besar yang meruapakan hasil gabungan dari pengetahuan banyak orang. Sebagai contoh ketika user membuka Google dan mengetikkan kata kunci untuk melakukan pencarian, akan muncul banyak halaman situs yang kita dapatkan dari hasil pencarian tersebut yang merupakan hasil dari tulisan pengguna lain. Contoh lainnya adalah Wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedi online yang memperbolehkan semua orang untuk membuat dan mengedit artikel. Hasilnya adalah ensiklopedi online besar yang sangat lengkap artikelnya. Adapun kelebihan dari konsep web 2.0 adalah sebagai berikut :

  • Mengubah paradigma masyarakat internet tentang proses pembuatan dan cara kerja sebuah website yang dahulunya dianggap susah. seperti PHP, ASP dan HTML.
  • Memungkinkan orang yang benar benar tidak mengerti sama sekali tentang internet atau web, untuk membuat sebuah aplikasi web base dengan adanya berbagai alat dan software penunjang dalam membangun sebuah website.
  • Menghadirkan cara baru dalam melakukan design tampilan website menggunakan CSS table. Hal ini membuat website tampil dengan elegan, profesional dan dinamis.

Web 2.0 menggunakan internet sebagai platformnya. Yang dimaksud internet sebagai platform berarti aplikasi-aplikasi tersebut dijalankan langsung di atas Internet dan bukan di atas satu sistem operasi tertentu. Contohnya adalah Google yang bisa diakses dari sistem operasi mana pun. Selain itu, kekuatan aplikasi Web 2.0 terletak pada data. Aplikasi-aplikasi Internet yang berhasil selalu didukung oleh basis data yang kuat dan unik. Contohnya adalah Amazon yang memiliki data buku yang bukan hanya lengkap, tapi juga sangat kaya dengan hal-hal seperti review, rating pengguna, link ke buku-buku lain, dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya web 2.0 memungkinkan adanya pertukaran informasi secara interaktif. Pihak yang terlibat dalam pertukaran informasi tersebut dapat berperan secara aktif untuk melakukan perubahan terhadap  informasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s